Cara Menghilangkan Flek dan Menghaluskan Wajah dengan Photoshop

Jika pada artikel sebelumnya saya membahas Tehnik Seleksi Dengan Alpha Channel dalam Photoshop, Pada artikel ini sya akan membahas tentang menggunakan Tool yang dapat menghilangkan flek pada wajah dan dapat memperhalus wajah dengan metode Blurr dan Filter.

Teori Singkatnya :
Penyamaran tekture kulit manusia yang tidak rata dan dapat dihaluskan dengan metode Bluring yaitu menggunakan Surface Blur. Untuk menghilangkan Flek atau bagian yang tidak di inginkan pada wajah menggunakan Patch Tool dimana patch Tool akan mengganti Pixel yang tidak diinginkan dengan Pixel yang ada disekelilingnya yang memiliki Pixel kulit yang bagus.

Kebutuhan yang diperlukan
1. Software AdobePhotoshop Versi 8 atau CS
2. Komputer Proc DualCore, Ram 1Ghz.
3. File Gambar Face.Jpg

Prosedure Percobaan
1. Menghaluskan Kulit
Buka file yang akan dijadikan praktek, klik menu filter>Blur>Surface Blur, atur parameternya dengan radius 20pixel dan Treshold 20 Pixel.

2. Teksture Kulit
Tekstur kulit sat menggunakan Blur terlalu mulus sehingga tidak bagus, sehingga harus diberikan tekstur tambahan. Pada menu Klik Filter >Texture>Texturizer dengan Texture= Sand Stone

3. menghilangkan Flek 
Klik Patch Tool agak lama agar tampil Pilihan Patch Tool>Pilih Spot Healing Brush Tool, di property Bar, aktifkan Check List Create texture Agar Textur kulit tetap terjaga, klik node wajah seprti jerawa, flek, tahi lalat dan lain-lain. 

4. Adjustment Layer
Klik Create New Fill Or Adjsutment Layer, atur slider parameter level agar lebih terang.


5. High pass Filter
High pass filter berguna untuk membuat gambar lebih kontras.
Buat layer baru, dari menu klik Image>Apply Image untuk menduplikasi gambar pada layer baru dengan parameter sebagai berikut.

Unutk mendapatkan daerah gelap terang pada pinggir gambar, klik menu Filter>Other>High Pass. Hilangkan warna gambar dengan menu Image>Adjustments>Desaturate.

Agar gambar lebih kontras dan tajam, atur Blending Mode dengan Layer 1 mejadi Overlay.

Selesai, demikianlah Cara Menghilangkan Flek dan Menghaluskan Wajah dengan Photoshop

Baca juga :

Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon